Live Journal

All About Log

kwalitas kita..

 baru kemarin saya menulis artikel tentang positip vs negatip, pagi nya bangun tidur.. eh.. siang (ternyata udah pukul 13.26 Wib-kebiasaan jadi kalong) saya iseng buka situs beberapa bloger kawakan, salah satunya om Romi Satria Wahono (salah satu pakar IT paporit saya), alahkah kagetnya saya baca posting terbaru beliau tentang plagiat apa gitu…!! bagai mana bangsa ini bisa maju bila seorang sarjana komputer aja masih “nekat” mempublikasikan artikel yang pernah di buat oleh orang lain dan mengatas namakan dirinya sendiri. saya sendir yang tidak punya dasar komputer n hannya tamatan SMA insyaallah blon pernah nyontek artikel orang laen dan mengatasnamakan diri saya… dan seandainya ada harap beritahu saya secepatnya agar saya segera mengupdatenya..!!

berikut kutipan dari blog om Romi (sengaja saya potong.. dan di ambil intinya doank) karna saya akan ngebahas dari sudut pandang saya sendiri.

Sebenarnya saya tidak terlalu menganggap penting masalah seperti ini karena sudah biasa artikel-artikel saya di-plagiat alias di-copy paste oleh adik-adik mahasiswa untuk tugas mandiri atau bahkan tugas akhir ;) . Nah kebetulan hari minggu ini ada janji nganter Irsyad dan Hasan ke toko buku. Lewat counter majalah, kok jadi teringat lagi komentar om Ardi. Saya cari majalah BISKOM Edisi April 2008 itu, ehm …  ketemu! Jujur saja, kaget dan trenyuh, karena kali ini yang meng-copy paste tulisan saya bukan mahasiswa, tapi pendidik alias dosen yang memiliki jabatan cukup tinggi sebagai Deputy Chairman of STMIK INTI Indonesia. Lebih trenyuh lagi, kenapa yang di-plagiat artikel itu? Itu bukan termasuk artikel terbaik yang pernah saya tulis lho … hehehe

Okeh..!!! begitulah kira² isi di blognya om romi.

saya hannya ingin mengatakan bagaimana jadinya bangsa kita ini kedepannya.. jika budaya ini masih jadi tradisi..!! Huh.. bagaimana kita akan berjuang menghadapai pembodohan bangsat yang selama kita alami..? Seburuk apapun tulisan yang anda buat jika itu hasil karya anda sendiri akan lebih baik dari pada anda mengkopas dari situs org lain dan mengatasnamakan anda sendiri..

di blog ini juga banyak hasil kopas.. namun saya insya allah tidak pernah lupa mencantumkan sumber tulisan tsb. saya jadi ingat kata² abah yang ada di blog na ridu

 Abah : Asal kata blog itukan dari kata Weblog, yang artinya web yg isinya log atau catatan harian. Mengenai manfaat, coba deh, botol air mineral bekas minum kamu menurut kamu berguna gak setelah airnya habis? gak berguna kan? tapi menurut orang lain, seperti pemulung, botol bekas itu sangat berguna kan. Jadi ada sesuatu hal yang dianggap tidak berguna oleh seseorang, tapi menurut orang lain itu sangat berguna.

Nah.. maksudnya gini..!! blon tentu tulisan yang jelek menurut kita ato sebagian org jelek berarti jelek juga buat org lain. jadi walau sejelek dan sesimpel apapun tulisan dan itu merupakan hasil karya kita sendiri blom tentu tidak berguna bagi orang lain. contohnya tulisan om Romi, berguna banget buat orang lain padahal menurut om Romi itu bukanlah artikel terbaik yang beliau tulis (kalo saya mah bikin artikel sebagus itu sama aja ama “impian cabelita”). berarti artikel yang tidak bagus menurut om romi bagus buat di publikasikan menurut om Tata.

ya mungkin aja om Tata mau nge bantu om Romi menyebar luaskan artikel yang beliau buat. he.he.he..he..!!

Tampa ada maksud merendahkan om Tata, apa yang telah di lakukan oleh om Tata menurut saya merupakan salah satu pembodohan bangsa. saya yakin sekali sebenarnya masih banyak ide² cemerlang yang ada di kepala om Tata yang sangat berguna bagi bangsa kita. om kan seorang Skom, malu dunk ama saya yang tidak punya bekron komputer dan hannya tamata SMA ini. masih banyak cara dan sesuatu yang lain yang bisa kita berikan untuk kemajuan bangsa.

STOP pembodohan bangsa..!! STOP propokasi publik..!! madjoe troes…!!!

halah.. ngomong opo iki..!! ya sudahlah apapun bentuk nya… yang penting kita semua sama² berjuang melawan pembodohan bangsa. mari kita hapus segala bentuk pembodohan bangsa di Indonesia. mari kita sama² berjoeang..!! Merdeka..!!

Madju terus IT bangsaku..!!!

 

Update: blon sampai satu hari.. saya ngepost pas muter² ke berbagai blog eh..  baca posting nya mas Riyogarta saya kembali nemuin Kopas (kopi paste). Adoh.. kayanya sudah seperti sebuah kewajiban neh..!!! bagaimana bangsa ini bisa maju kalo semua org pada asik kopas. lalu siapa saja yang benar benar akan memposting hasil pikiran mereka sendiri…? kalo bini nantinya yang bakal menularin hasil pikirannya ya orgnya itu² doank (Mudah²an saya salah).

ayo donk sedikit kreatip..!!!

Maju terus, Hapus segala bentuk pembodohan bangsa..!!!

 

 

 

2 responses to “kwalitas kita..

  1. usiL April 30, 2008 at 4:02 pm

    wadoH…wadoH…wadoH pejoeang kiTa yg aTu iNi,, semangaT e poL.
    hiduP PeJoeanG2 IT inDonesia,, usiL bkL sLL dukunG kLian

  2. Riyogarta May 2, 2008 at 10:18 am

    Yang kopas sudah menyadari kok dan saya sebagai yang dikopas juga tidak mempermasalahkannya lagi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: