Live Journal

All About Log

script genertate sarg squid log

setelah menginstall sarg saya bingung.. bagaimana supaya squid analisa saya berjalan sesuai keinginan saya..

maksudnya… supaya saya ga cape² mesti ketik 

/usr/bin/sarg -l /var/log/squid/access.log
sebenarnya sih bisa.. aja kita bekerja dengan corntab si tepat waktu.. 
cuma saya iseng aja sreach di google eh.. nemu scriptnya.. disini
berikut cara yang saya gunakan.. dengan mengunakan script asli di tambah sedikit modipikasi.
1. bikin file sarg terserah mau di bikin dimana saya bikin di root direktori (/root)
2.  jalankan perintah
touch /root/sarg
3. lalu rubah permision file sarg tsb
 chmod 755 /root/sarg
4. edit file sarg
vi /root/sarg
atau
nano /root/sarg

lalu isikan script script di bawah ini

#!/bin/sh

# TEMP Files

TMPFILE=/tmp/sarg-reports.$RANDOM

ERRORS="${TMPFILE}.errors"

SEKARANG=$(date --date "today" +%d/%m/%Y)

KEMARIN=$(date --date "1 day ago" +%d/%m/%Y)

MINGGUAN=$(date --date "1 week ago" +%d/%m/%Y)

BULANAN=$(date --date "1 month ago" +01/%m/%Y)-$(date --date "1 month ago" +31/%m/%Y) 

#Ini untuk menampilkan Report Hari ini

/usr/bin/sarg -f /usr/local/sarg/sarg.conf -d $SEKARANG >$ERRORS 2>&1

#Ini untuk menampilkan Report Kemaren

/usr/bin/sarg -f /usr/local/sarg/sarg.conf -d $KEMARIN >$ERRORS 2>&1

#ini untuk menampilak report 1 minggu

#/usr/bin/sarg -f /usr/local/sarg/sarg.conf -d $MINGGUAN >$ERRORS 2>&1

#ini untuk menampilak report 1 bulan

#/usr/bin/sarg -f /usr/local/sarg/sarg.conf -x -z -d $BULANAN >$ERRORS 2>&1



5. lalu kita suruh crontap si tepat waktu menjalankan script sarg yang kita buat tadi. anda bisa menyesuaikan dengan ke inginan anda 

 

#ini script untuk menjalankan srag buatan sendiri stiap hari

0 15 * * * root /root/sarg 

 

 

 

Leave a Reply

